Senin, 09 Desember 2013


ARTIKEL
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN YANG BERLEBIHAN
Dalam kegiatan suatu bisnis pastinya tertdapat suatu hubungan yang saling membutuhkan antara pelaku usaha dan konsumen. Kepentingan pelaku usaha adalah untuk memeperoleh laba dari transaksi dengan konsumen, sedangkan konsumen adalah memperolah kepuasan melalui pemenuhan kebutuhannya melalui produk tersebut.
            Begitu banyak pengiklanan prodak yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan tujuan agar prodak atau barang yang ditawarkan dikenal oleh masyarakat dan yang pastinya diminati oleh banyak orang, bertbagai keunggulan dan kegunaa prodak tertsebut di tayangkan oleh artis srtis yang ternama atau yang sedang ngetren dimayarakt. Sa’at kita menonton televise pasti yang sering kita lihat adalah iklan dan berbagai iklan ditampilkan saling silih berganti.
            Dalam setiap acarapun sering kali disepongsori oleh beberapa produk, sehingga masyarakat sangat antusias dalam membeli dan memakai prodak tersebut, namun para konsumen sering mendapatkan keluhan karna barang atau prodak yang dipakai tiodak sesuai dengan yang di iklankan, di sini sebenarnya yang salah adalah konsumennya dalam memakai prodak tersebut ataukah memang produk tersebut memang tidak seperti yang di iklankan.
            Untuk melindungi atau memberdayakan konsumen diperlukan seperangkat aturan hokum. Oleh karena itu  diperlukan adanya campur tangan Negara melalui penetapan sistem perlindungan hokum terhadap konsumen.
Oleh karena itu pemerintah segera membuat peraturan perlindungan konsumen yakni tertera dalam uu no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, yang dimaksud dengan perlindungan konsumen adalah segala upaya yeng menjamin adanya kepastian hokum yang memberi perlindungan kepada konsumen.
SEPERTI IKLAN PRODUK SUNLIGT DAN DAN EMERON SAMPO
Sunlight adalah produk cuci piring terkemuka di Indonesia
Sunlight sudah tersedia di Indonesia sejak lebih dari 25 tahun yang lalu dengan format batang pada awalnya. Pada tahun 1980an, Sunlight diluncurkan dalam bentuk cair yang menjadikannya sebagai produk cuci piring pertama di Indonesia. Selama 20 tahun, produk Sunlight berhasil menjadi merek cairan cuci piring terbesar di Indonesia dengan berbagai aktivasi inovasi dan promosi. Sunlight sebagai pemimpin pasar, selalu menawarkan solusi terbaik untuk membersihkan peralatan masak dan peralatan dapur dari semua jenis kotoran, bau dan lemak. Sunlight terdiri dari 3 varian yang disukai oleh para pelanggannya yaitu lime, lemon dan strawberry.
Inovasi
Sunlight tersedia di toko modern dan tradisional dengan 3 varian seperti jeruk limo, lemon dan strawberry. Untuk memenuhi preferensi pelanggan yang berbeda-beda, kami juga menawarkan produk sunlight dalam kemasan botol (250 ml dan 800 ml) dan isi ulang (90 ml, 200 ml, 400 ml, dan 800 ml).
 “Bersih Bersinar” SUNLIGHT
Sunlight sampai sekarang sudah terkenal sebagai produk sabun cuci piring. Produk yang diproduksi oleh Unilever ini sudah sangat dipercayai konsumen sebagai produk yang berkualitas, hal ini juga bisa dilihat bahwa Sunlight dibawahi oleh PT. Unilever Indonesia dimana produk-produknya sudah banyak dikonsumsi para konsumen. Selain itu, Sunlight juga memiliki promosi atau pemasaran yang menarik perhatian konsumen, baik dari kemasannya yang praktis, terdapat pula isi ulangnya, bahkan dari tagline-nya yang pasti masih diingat oleh konsumen Indonesia yang berbunyi “bersih bersinar Sunlight”. Selain itu, Sunlight juga terbilang merupakan sabun pencuci piring yang ekonomis, di sebagian besar iklannya, Sunlight selalu menekankan bahwa hanya dengan sedikit Sunlight, bisa mencuci sampai 100 piring. Dari hal itu, konsumen akan lebih tertarik karena lebih irit dan lebih praktis. Belum lagi sekarang sunlight memunculkan promosi baru, yaitu sabun cuci piring yang berbentuk gel. Promosi baru ini semakin menarik perhatian konsumen. Sebagai pelopor sabun cuci piring gel, dimana dengan berbentuk gel, maka pemakaian sabun tersebut untuk mencuci piring akan menjadi semakin irit, dengan demikian Sunlight semakin dipandang oleh para konsumen. Ditambah lagi iklannya di televisi yang menunjukkan adanya pembuktian keiritan Sunlight dan cara pemakaiannya yang mudah juga unik, yaitu ditunjukkan dengan meremas-remas sponge pencuci piring, dan dibuktikan, sabunnya benar-benar menjadi gel dan tidak cepat habis. Sehingga sampai sekarang Sunlight masih dipersepsikan sebagai sabun cuci piring yang berkualitas. Para konsumen pun lebih sering menyebut sabun cuci piring sebagai Sunlight, maka bisa dilihat bahwa Sunlight sudah sangat melekat di otak konsumen.
Emeron shampoo merupakan salah satu produk dari PT LION WINGS, banyak Varian shampoo emeron yang sudah beredar di Indonesia karena shampoo emeron selalu berinovasi membuat produk yang menawarkan nilai tambah maksimum dan senantiasa diupayakan untuk mengantisipasi keinginan konsumen kami.
Inovasi terbaru kali ini adalah EMERON SHINING BLACK,  shampoo ini dilenkapi dengan formula Active Vita Care yang aktif menutrisi rambut dari dalam, menjaga kekuatan rambut dan melindungi rambut dari pengaruh luar serta diperkaya ekstrak urang aring dan diharapkan rambut konsumen dapat berkilau dan bersinar seperti bintang.
Intan Nuraini sebagai model iklan sangat mewakili konsep iklan dan juga termasuk tagline iklan yaitu “Naturally Different” Intan yang merupakan salah satu artis papan atas memiliki image baik, simple dan natural dalam setiap acting yang diperankan di Film maupun sinerton yang ia mainkan.
Tetapi tetap memiliki perbedaan yang khas yang tidak dimiliki artis-artis lain.        
Begitupun Tagline “Naturally Different” sangat mewakili produk shampoo emeron karena diharapkan konsumen memiliki rambut bagus dan berkilau tetapi tetap terlihat natural dan pastinya berbeda.
            “dari smua iklan diatas baik sunlaigt atau emeron sampo para konsumen tidak mendapatkan kemanfa’atan yang sesuai dengan yang dijanjikan di iklan”
           
            

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar