ARTIKEL
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN YANG BERLEBIHAN
Dalam
kegiatan suatu bisnis pastinya tertdapat suatu hubungan yang saling membutuhkan
antara pelaku usaha dan konsumen. Kepentingan pelaku usaha adalah untuk
memeperoleh laba dari transaksi dengan konsumen, sedangkan konsumen adalah
memperolah kepuasan melalui pemenuhan kebutuhannya melalui produk tersebut.
Begitu
banyak pengiklanan prodak yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan tujuan agar
prodak atau barang yang ditawarkan dikenal oleh masyarakat dan yang pastinya
diminati oleh banyak orang, bertbagai keunggulan dan kegunaa prodak tertsebut
di tayangkan oleh artis srtis yang ternama atau yang sedang ngetren dimayarakt.
Sa’at kita menonton televise pasti yang sering kita lihat adalah iklan dan
berbagai iklan ditampilkan saling silih berganti.
Dalam
setiap acarapun sering kali disepongsori oleh beberapa produk, sehingga masyarakat
sangat antusias dalam membeli dan memakai prodak tersebut, namun para konsumen
sering mendapatkan keluhan karna barang atau prodak yang dipakai tiodak sesuai
dengan yang di iklankan, di sini sebenarnya yang salah adalah konsumennya dalam
memakai prodak tersebut ataukah memang produk tersebut memang tidak seperti
yang di iklankan.
Untuk melindungi atau memberdayakan
konsumen diperlukan seperangkat aturan hokum. Oleh karena itu diperlukan adanya campur tangan Negara
melalui penetapan sistem perlindungan hokum terhadap konsumen.
Oleh
karena itu pemerintah segera membuat peraturan perlindungan konsumen yakni
tertera dalam uu no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, yang dimaksud
dengan perlindungan konsumen adalah segala upaya yeng menjamin adanya kepastian
hokum yang memberi perlindungan kepada konsumen.
SEPERTI
IKLAN PRODUK SUNLIGT DAN DAN EMERON SAMPO
Sunlight
adalah produk cuci piring terkemuka di Indonesia
Sunlight
sudah tersedia di Indonesia sejak lebih dari 25 tahun yang lalu dengan format
batang pada awalnya. Pada tahun 1980an, Sunlight diluncurkan dalam bentuk cair
yang menjadikannya sebagai produk cuci piring pertama di Indonesia. Selama 20
tahun, produk Sunlight berhasil menjadi merek cairan cuci piring terbesar di
Indonesia dengan berbagai aktivasi inovasi dan promosi. Sunlight sebagai
pemimpin pasar, selalu menawarkan solusi terbaik untuk membersihkan peralatan
masak dan peralatan dapur dari semua jenis kotoran, bau dan lemak. Sunlight
terdiri dari 3 varian yang disukai oleh para pelanggannya yaitu lime, lemon dan
strawberry.
Inovasi
Sunlight
tersedia di toko modern dan tradisional dengan 3 varian seperti jeruk limo,
lemon dan strawberry. Untuk memenuhi preferensi pelanggan yang berbeda-beda,
kami juga menawarkan produk sunlight dalam kemasan botol (250 ml dan 800 ml)
dan isi ulang (90 ml, 200 ml, 400 ml, dan 800 ml).
“Bersih Bersinar” SUNLIGHT
Sunlight
sampai sekarang sudah terkenal sebagai produk sabun cuci piring. Produk yang
diproduksi oleh Unilever ini sudah sangat dipercayai konsumen sebagai produk
yang berkualitas, hal ini juga bisa dilihat bahwa Sunlight dibawahi oleh PT.
Unilever Indonesia dimana produk-produknya sudah banyak dikonsumsi para
konsumen. Selain itu, Sunlight juga memiliki promosi atau pemasaran yang
menarik perhatian konsumen, baik dari kemasannya yang praktis, terdapat pula
isi ulangnya, bahkan dari tagline-nya yang pasti masih diingat oleh konsumen
Indonesia yang berbunyi “bersih bersinar Sunlight”. Selain itu, Sunlight juga
terbilang merupakan sabun pencuci piring yang ekonomis, di sebagian besar
iklannya, Sunlight selalu menekankan bahwa hanya dengan sedikit Sunlight, bisa
mencuci sampai 100 piring. Dari hal itu, konsumen akan lebih tertarik karena
lebih irit dan lebih praktis. Belum lagi sekarang sunlight memunculkan promosi
baru, yaitu sabun cuci piring yang berbentuk gel. Promosi baru ini semakin
menarik perhatian konsumen. Sebagai pelopor sabun cuci piring gel, dimana
dengan berbentuk gel, maka pemakaian sabun tersebut untuk mencuci piring akan
menjadi semakin irit, dengan demikian Sunlight semakin dipandang oleh para
konsumen. Ditambah lagi iklannya di televisi yang menunjukkan adanya pembuktian
keiritan Sunlight dan cara pemakaiannya yang mudah juga unik, yaitu ditunjukkan
dengan meremas-remas sponge pencuci piring, dan dibuktikan, sabunnya
benar-benar menjadi gel dan tidak cepat habis. Sehingga sampai sekarang
Sunlight masih dipersepsikan sebagai sabun cuci piring yang berkualitas. Para konsumen
pun lebih sering menyebut sabun cuci piring sebagai Sunlight, maka bisa dilihat
bahwa Sunlight sudah sangat melekat di otak konsumen.
Emeron
shampoo merupakan salah satu produk dari PT LION WINGS, banyak Varian shampoo
emeron yang sudah beredar di Indonesia karena shampoo emeron selalu berinovasi
membuat produk yang menawarkan nilai tambah maksimum dan senantiasa diupayakan
untuk mengantisipasi keinginan konsumen kami.
Inovasi
terbaru kali ini adalah EMERON SHINING BLACK, shampoo ini dilenkapi dengan
formula Active Vita Care yang aktif menutrisi rambut dari dalam, menjaga
kekuatan rambut dan melindungi rambut dari pengaruh luar serta diperkaya
ekstrak urang aring dan diharapkan rambut konsumen dapat berkilau dan bersinar
seperti bintang.
Intan Nuraini sebagai model iklan sangat mewakili konsep
iklan dan juga termasuk tagline iklan yaitu “Naturally Different” Intan yang
merupakan salah satu artis papan atas memiliki image baik, simple dan natural
dalam setiap acting yang diperankan di Film maupun sinerton yang ia mainkan.
Tetapi
tetap memiliki perbedaan yang khas yang tidak dimiliki artis-artis lain.
Begitupun
Tagline “Naturally Different” sangat mewakili produk shampoo emeron karena
diharapkan konsumen memiliki rambut bagus dan berkilau tetapi tetap terlihat
natural dan pastinya berbeda.
“dari
smua iklan diatas baik sunlaigt atau emeron sampo para konsumen tidak
mendapatkan kemanfa’atan yang sesuai dengan yang dijanjikan di iklan”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar